Cara mengatasi NSIS error ketika menginstall software Terbaru

Home » , , , » Cara mengatasi NSIS error ketika menginstall software Terbaru

Cara mengatasi NSIS error ketika menginstall software Terbaru

Kicauan Wong Cilik - Tutorial - NSIS, adalah salah satu perangkat lunak pendukung pada Operating System terlaris saat ini Windows. NSIS hampir sama fungsinya dengan perangkat lunak pendukung lainnya di Windows, sepertiDirect,OpenGL,Microsoft .NET dll. Pada setiap windows melalukan Install update otomatis NSIS juga akan di update versinya dengan versi yang lebih baru dan Komplatibel.

Masalahnya banyak orang di dunia , kususnya di Indonesia menggunakan Windows Bajakan. Jadi jika anda melakukan install update bisa saja Microsoft corp akan menolak dan menUnregister windows anda dan akhirnya harus di Install ualng kembali. 

Pokok permasalahan.
Contoh....Sahabat MBIG mencoba menginstall sebuah software yang bernama Xampp Web Server(Software web server di Windows) .Lihat cuplikan dibawah:
Tetapi sahabat mendapatkan kendala yang awalnya Sahabat MBIG tidak ketahui, yaitu NSIS_error. Sahabat MBIG mencari tahu penyebabnya melihat versi-versi perangkat lunak pendukung di Windows dan Sahabat MBIG menemukan perangkat lunak NSIS yang kurang komplatibel. Selanjutnya saya membaca help dan Sahabat MBIG  menemukan cara untuk mengatasi permasalahan ini.

Berikut cara mengatasi NSIS error ketika menginstall software :

1. Buka run untuk short keynya anda bisa menekan Windows+R >> Lalu ketikan direktoriatau tempat dimana anda menyimpan software yang anda ingin install  lalu ketikan /NCRC dan tekan Enter. Lihat cuplikan dibawah:

Saya menyimpan software Xampp pada direktori F:\Programer Software\xampp-win32-1.7.1-installer.exe . Lalu ketikan /NCRC , jadi keseluruhan perintah run yang anda jalankan formatnya seperti ini F:\Programer Software\xampp-win32-1.7.1-installer.exe /NCRC



*Perlu di ingat
Sebelum anda mengetikan /NCRC anda harus menambahkan <spasi> terlebih dahulu,ini gunanya agar mudah dibaca run. 

*Cara mendapatkan alamat direktori 
Buka windows explorer lalu cari dimana anda menyimpan software yang ingin di install, selanjutnya copy semua alamat direktori yang sedang anda buka di windows explorer pada Navigation bar. Lihat cuplikan dibawah:


dan lihat hasilnya, installer terbuka. Lihat cuplikan di bawah:



*Update!
Ada beberapa pengunjung yang masih mengeluhkan masih terjadi NSIS_ERROR walaupun telah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar. Perkiraan saya penyebab masih terjadi error tersebut adalah karena program yang ingin diinstall membutuhkan Privilege atau hak akses khusus atau hak akses administrator. Sekilas kalau kita lihat jika kita melakukan klik kanan pada sebuah program(.exe) pada barisan atas dapat kita jumpat pilihan "Run as Administrator" ini berarti anda akan mengeksekusi program dengan hak akses penuh(sebagai administrator), jadi program bisa dijalankan tanpa ada wall/benteng keamanan yang dilakukan oleh Windows. 

Mungkin langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Klik kanan program yang ingin di install/dieksekusi (.exe)
2. Pilih pilihan Properties
3. Pada tab Compatibility pilih pada bagian bawah terdapat "Run this program as administrator" centang pilihan ini.

4. Klik Apply
5. Klik Ok
6. Sekarang lanjutkan dengan langkah-langkah menginstall NSIS_ERROR diatas.

Semoga membantu..
Untuk menghargai tulisan saya anda bisa klik salah satu iklan di bawah dan bekomentar walaupun hanya sekedar menyapa dan jangan lupa Follow blog Mau-Berbagi-Ilmu-Ga.
Share on :
.