Cara Membuat statistik Pengunjung (Visitors) Untuk Blog Terbaru

Home » , , » Cara Membuat statistik Pengunjung (Visitors) Untuk Blog Terbaru

Cara Membuat statistik Pengunjung (Visitors) Untuk Blog Terbaru

         
Bagi bloger pemula, keberadaan statistik pengunjung blog tidak bisa di anggap hanya sebagai pemanis blog saja, melainkan bisa berfungsi sebagai informasi awal guna mengukur perkembangan blog. Manfaat sepele lainnya adalah ada kesenangan tersendiri lho melihat angka-angka  yang sepertinya tersenyum saat kita membuka blog sendiri hehehe. 

Kadang saat saya jalan-jalan keluar masuk blog tetangga, sebagai seorang bloger tentunya hal pertama yang saya intip adalah jumlah pengunjung blog tersebut. Jika blog tersebut memiliki jumlah pengunjung di atas ratusan ribu bahkan sampai jutaan, spontan hati saya gigit jari melihat kehebatan mereka. Tapi setelah saya melihat artikel-artikel mereka yang terpajang berserakan menandakan mereka adalah seorang jawara blog yang memang pantas kebanjiran tamu. Begitupun sebaliknya jika saya menemukan blog miskin pengunjung saya pun tersenyum senang karena merasa ada teman senasib hahahaha

Ada beberapa macam cara untuk membuat tampilan "daftar tamu" dalam blog. Sebagian bloger ada yang menggunakan jasa pihak ketiga dalam menyediakan layanan gratis ini, misalnya Sitemeterdan Histats. Tapi seperti yang saya tulis sebelumnya pada judul pokok tulisan ini ( Cara Memperindah Blog Bagi Pemula ), bahwa saya lebih suka memanfaatkan fasilitas serupa menggunakan jasa Bloger sendiri dengan pertimbangan efisiensi waktu.


Langkah langkahnya adalah 
  1. masuk ke dashboard, pilih desain
  2. klik pilihan "Tata Letak" dan lihat tulisan " Tambahkan Gadget" pada beberapa tempat yg berbeda
  3. klik salah satu tulisan tambahkan gadget tersebut sesuai dengan tempat yg di inginkan, (misalnya dalam blog ini saya pilih pada bagian pojok kanan atas)
  4. pilih  gadget "Statistik Blog" dan keluar halaman Konfigurasikan Widget Statistik 
  5.  Isi kolom judul ( misalnya "Kunjungan Minggu ini"), kolom Jangka waktu ( 7 hari) , pilihan Gaya dan jangan lupa menyimpan sebelum menutupnya.
Selesai.

Share on :
.