Kuota Kok Jadi Boros yah Setelah Install Windows 10 ?

Home » , , » Kuota Kok Jadi Boros yah Setelah Install Windows 10 ?
Pernahkah kalian merasakan ketika memakai OS Windows 10 kecepatan internet kalian melambat di sertai dengan kuota internet yang terasa boros?
Kok Kuota Jadi Boros yah Setelah Install Windows 10 ?

Kalian bisa bernafas lega karena masalah tersebut sebagian besar (pasti) juga di rasakan oleh pengguna Windows 10 yang lain. (kalian tidak sendirian)

Lalu pertanyaanya, apa sih yang menyebabkan kecepatan internet yang melambat di sertai dengan kuota yang cepat habis tersebut?

Ternyata Ini Penyebabnya...

Sistem operasi terbaru yang bernama Windows 10 ternyata benar-benar "berbeda" dengan versi Windows yang sebelumnya. (ya memang beda)

Perbedaan yang menjadi penyebab borosnya kuota internet tersebut di karenakan adanya beberapa komponen "baru" pada Windows 10. Apa itu?

Fitur bawaan Windows 10

Komponen atau fitur bawaan Windows 10 yang saya maksud ialah...

  • Windows "AutoUpdate" (tidak ada pengaturan untuk "disable")
  • Microsoft "OneDrive" (fitur penyimpanan "awan/cloud")
  • Microsoft "Modern App" (Email, Weather, Xbox, Maps, dll)
  • Peer to Peer Update (Fitur layaknya sistem torrent)
  • Dan lain sebagainya... (Masih ada faktor lain)

Semua komponen di atas secara default sudah di atur sedemikian rupa agar aktif saat pertama kali Windows 10 terinstall yang artinya, para pengguna awam kemungkinan besar tidak akan mengetahui sistem tersembunyi yang menguras kuota internet tersebut.

Sebenarnya masih ada lagi komponen Windows yang bersifat "mistis" lainnya yang mungkin saja bisa menyebabkan penggunaan kuota internet berlebih. (hanya Tuhan dan Microsoft yang tahu)

Lalu, Apa yang harus saya lakukan?

Setelah berpetualang di "lautan informasi" milik mbah Google. Akhirnya saya menemukan beberapa referensi tentang cara mencegah penggunaan internet yang berlebih pada Windows 10.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, kalian bisa melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

1. Mematikan Fitur Windows AutoUpdate...

Fitur WindowsUpdate sebenarnya sudah ada pada versi windows yang sebelumnya. Yang menjadi perbedaan pada versi Windows 10 ialah, pengaturan untuk "disable" windowsUpdate telah di hilangkan.

Cukup aneh memang. Padahal, tidak semua pengguna Windows 10 membutuhkan update secara rutin. (terutama pengguna di Indonesia)

Maka dari itu, untuk bisa mematikan fitur autoUpdate ini kalian harus melakukannya secara manual, yaitu dengan menggunakan "Services.msc".

Bagaimana caranya?

Jika kalian ingin tahu mengenai cara disable autoUpdate menggunakan "services.msc", silahkan baca referensinya melalui artikel saya yang satu ini,

2. Mematika Fitur Windows Cloud...

One Drive pada Windows 10
Salah satu fitur Cloud yang saya maksud ialah "One Drive". Silahkan disable Fitur "One Drive" ini agar file-file kalian seperti foto, video, dll tidak otomatis upload ke server microsoft.

Selain menguras kuota internet, fitur Windows “One Drive” ini juga bisa mengurangi peforma komputer kalian. Sebab, jika One Drive aktif, maka servicesnya pun akan aktif di latar belakang juga.



3. Uninstall/Hapus "Modern App" Windows...
Windows 10 Modern App
Poin nomor 3 ini menurut saya cukup extreme karena jika kalian ingin menghemat kuota internet kalian, hapuslah "Modern App" seperti Email, Weather, Xbox, Maps, Facebook, Messanger, Line, News, dll.

Untuk poin nomor 3 ini tidak saya lakukan, karena jika di lakukan, hal tersebut sekaligus akan menghilangkan "sensasi" (nilai utama) (aplikasi kotak-kotak) pada Windows 10 itu sendiri.

Pilihan ada di tangan kalian.

4. Mengaktifkan "Metered Connection"...

Windows 10 Metered Connection
Dan yang terakhir, mengaktifkan mode "Metered Connection". Menurut beberapa referensi yang saya baca di internet, dengan mengaktifkan mode "Metered Connection", maka penggunaan kuota internet pada Windows 10 akan terkendali.




5. Saran kalian?

Apakah kalian memiliki saran tersendiri (lain) untuk menghemat kuota internet di Windows 10?

Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk berbagi informasi dan melengkapi langkah sederhana nomor 5 di atas. (melalui diskusi komentar)

Jika tidak, ya sudah...

Catatan...

Empat poin di atas merupakan cara umum untuk menghemat kuota internet pada Windows 10 (blog-blog lain juga sudah membahasnya).

Dan setelah melakukan 4 poin di atas, menurut saya pribadi penggunaan internet pada Windows 10 tetap saja masih bisa di katakan "lebih boros" di bandingkan dengan Windows sebelumnya.

Mungkin saja ada komponen lain yang belum saya sebutkan di atas yang bisa menjadi pemicu penggunaan kuota internet yang berlebih pada Windows 10.

Jadi, menurut kalian apa sih yang menyebabkan kuota internet di Windows 10 bisa cepat habis?

Apakah kalian mengetahui faktor yang lain?

Kesimpulan...

Perlu kalian ketahui bahwa "default sistem" pada Windows 10 saat ini mengharuskan kalian untuk menggunakan kuota yang "lebih" di bandingkan dengan versi windows sebelumnya.

Maka dari itu kalian harus mengubah "default sistem" Windows 10 ini ke arah yang lebih baik (paling tidak, bisa lebih hemat) walaupun cara tersebut tidak bisa 100% menjadikan Windows 10 kalian tersebut lebih hemat dari Windows yang sebelumnya.

Masih ada banyak hal yang belum kita ketahui, terutama pada strategi bisnis si Microsoft ini.

Sekian...

Cukup sampai di sini dulu untuk postingan kali ini. Semoga opini yang saya sampaikan pada artikel di atas bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih.
Share on :
.