Perbedaan kode warna yang 3 digit dengan yang 6 digit

Home » , , , , , , , , » Perbedaan kode warna yang 3 digit dengan yang 6 digit

PERBEDAAN KODE WARNA 3 DIGIT DAN 6 DIGIT


kode warna hexadesimal 3 digit 6 digit

Hallo semua, kali ini saya mau berbagi ilmu lagi soal kode warna dalam hexadesimalApa sih perbedaan kode warna yang 3 digit dengan yang 6 digit? Mungkin pertanyaan itu pernah terlintas di benak / pikiran pembaca sekalian, terutama mungkin para web designer pemula seperti saya yang sering mainan color di css (pake c lho ya..). Nah, beberapa waktu lalu saya baru mendapatkan sebuah pencerahan tentang pertanyaan itu.

Nah intinya, kode warna itu mewakili value dari RGB (Red Green Blue). Ketika menggunakan angka, range nya dari 0 - 255, sedangkan jika menggunakan hexadesimal (kode warna yang sering digunakan) range nya dari 0 - F. Ketika yang digunakan adalah 3 digit hexadesimal,
berarti digit pertama mewakili Red, digit kedua mewakili Green, dan digit terakhir mewakili Blue. Misal kode #F00; akan menghasilkan warna merah karena Red = F (maksimal), G & B = 0 (minimal). Nah terus kalo yang 6 digit?




Nah, ketika menggunakan 6 digit, dua digit pertama adalah Red, dua digit berikutnya adalah Green, dan selanjutnya adalah Blue. Ketika blok Red kedua digitnya sama, maka dapat dituliskan satu karakter saja, begitu pula untuk yang Green dan Blue. Misal kode #FFCC33 itu dapat ditulis dengan #FC3.

Tapi hal itu tidak bisa dilakukan apabila per blok kode warna itu nilainya berbeda, misal #F2CDA4 itu tidak bisa dijadikan 3 digit kode warna.

Ya itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan penggunaan kode warna 3 digit dan 6 digit
Share on :
.