Cara Menambahkan User Baru di Moodle Terbaru

Home » , , , » Cara Menambahkan User Baru di Moodle Terbaru

Cara Menambahkan User Baru di Moodle

Cara Menambahkan User Baru di MoodleHai Sahabat MBIG ini adalah - Cara Menambahkan User Baru di Moodle - Administrator merupakan user tertinggi dalam tingkatan pada struktur pengguna di Moodle sehingga admin memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan Moodle sebagai media pembelajaran berbasis web. Salah satu peran yang sangat penting yaitu menambahkan user dan kemudian mengelompokkan user tersebut sesuai dengan strukturnya seperti guru/dosen, asisten, dan siswa.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan user pada moodle, seperti menambahkan user per individu, menambahkan user per kelompok, dan menambahkan user dengan cara user mendaftarkan dirinya sendiri untuk bisa mengikuti proses belajar mengajar berbasis web menggunakan moodle. Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Menambahkan User Baru di Moodle 


Cara Menambahkan User Secara Individu

Cara ini dilakukan dengan cara menambahkan user yang diinput oleh sang admin Moodle. Nah untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Login sebagai administrator moodle

2. Aktifkan hidupkan mode ubah dengan cara klik Turn Editing On pada bagian Settings

3. Klik Add a new user pada bagian Settings - Site administration - Users - Account - Add a new user

Cara Menambahkan User Baru di Moodle
4. Pada halaman Add a new user, bagian General  (khususnya yang bertanda * warna teks merah wajib diisi) silahkan isi data-data yang diminta, antara lain:

  • Username: misalguru01 (apa saja yang penting tidak double nama username tersebut/
  • New password: misalFis1k@13 (secara default, setiap password terdiri 8 karakter, minimal 1 huruf besar, minimal 1 angka, dan minimal 1 karakter alfa non numeric: !@#$%^, dll)
  • Firts name: isikan nama awal user tersebut
  • Surname: nama akhir
  • Email address: isikan alamat email user tersebut (bagi user wajib memiliki email)
  • City/town: isikan nama kota sekarang
  • Select a country: pilih Indonesia
  • Preferred language: Pilih Inggris atau Indonesia (catatan: sudah tambahkan penggunaan bahasa Indonesia pada moodle)
  • Description: tambahkan deskripsi tentang user yang Anda tambahkan

5. Masih pada halaman Add a new user, bagian User picture Anda dapat menambahkan foto user tersebut atau tidak perlu biarkan user tersebut yang menambahkan fotonya setelah jadi accountnya

6. Masih pada halaman Add a new user, bagian Interests (lewatkan saja)

7. Masih pada halaman Add a new user, bagian Optinal, pada bagian ini Anda dapat menambahkan data-data yang diminta atau sesuaikan saja dengan data-data yang dimiliki oleh user yang Anda mau tambahkan.

8. Klik Create User, selanjutnya Anda akan diarhkan pada halaman Browse list of users. Halaman yang terdiri dari daftar user di moodle Anda. Selesai.

Cara Menambah User Melalui Self Registration 


Cara ini bisa dilakukan dengan mendaftar sendiri jika ingin berpartisipasi dalam pembelajaran online berbasis web menggunakan moodle ini. Langkah-langkahnya adalah berikut ini:

1. Login sebagai admin, klik site administrator –> Plugins –> authentication –> manage authentication.

Cara Menambahkan User Baru di Moodle
2. Setelah meng-klik Manage authentication maka perhatikan “Email-based self-registration” ,, kemudian pada kolom enable klik icon mata yang tergaris miring yang akan menjadikannya enable.

3. Kemudian pada Self registration dibagian bawah, rubah menjadi Email-based self-registration.

4. Save settingan yang baru saja dirubah.

Nah, untuk membuat dengan mendaftarkan diri sebagai user di moodle, klik "Login" kemudian akan muncul tombol "Create New User"

Kemudian isi formulir pendaftarannya,,  kalo sudah selesai isi, klik create my new account,, tunggu  admin mengkonfirmasi akun kamu.. atau kamu juga bisa melakukan konfirmasi melalui pesan yang dikirimkan ke email kamu.

langkah admin untuk mengkonfirmasi akun user,, site administration –> user –> Account –> Browse list of users.

Selesai, semoga bermanfaat.. :)
Share on :
.